Singapore attractions: March Blogger Tips: Scanning The Heaven Of Opportunities #Tribeskyscanner Style



Profesi travel blogger – yes, saya menyebutnya profesi saat sudah menghasilkan dan menjadi pekerjaan utama – terkadang dilihat dari hal yang manis dan enak-enak saja, padahal blogging layaknya media lain, adalah media untuk menyajikan konten-konten menarik bagi pembaca. Bedanya dengan media konvensional (koran, tv, majalah), kami –blogger – adalah media yang sangat personal, dimiliki sendiri, dikerjakan sendiri (kadang dengan bantuan team) dan si blogger adalah build dari blognya sendiri.
 
Layaknya media, blogger mesti “bersaing” untuk mendapatkan atensi. Bayangkan, ada berapa banyak weblog di seluruh dunia, di pembaca melalui mesin pencarian menemukan artikel-artikel weblog kita, di luar mereka yang sudah mengenal si blogger. 

Between too thus many interesting too sweetness content, how yours stand upward out?
Mengapa atensi itu penting? Bukankah kita ngeblog untuk diri sendiri saja? Untuk kepuasan diri?

Seperti media, konten yang baik tanpa atensi bagaikan tayangan baik tanpa rating, yang memang ujung-ujungnya menjual. Blog yang “laris” akan jadi acuan, build akan melirik dan (bagi go blogger), kesempatan untuk bepergian semakin besar, it’s a win-win solution untuk blogger, sponsor dan pembaca.

Bloggers see, listen, discuss, too write
Saya sudah beberapa kali mendengar tentang SEO, namun di workshop #TribeSkyscanner Asia Pasifik yang diselenggarakan di Singapura Maret 2016 ini, pentingnya SEO benar-benar saya ketahui.

Let’s start alongside Apa itu SEO?

Search Engine Optimization Search atau SEO adalah optimalisasi pencarian untuk menaikkan “ranking” weblog (atau website) kita di mesin-mesin pencarian seperti google.

Mengapa SEO penting? Apa keuntungan dari weblog kita muncul di mesin pencarian?

People wander, type too search, how to build your article inwards the outset page?
Semakin tinggi peringkat weblog kita maka pengunjung akan semakin banyak tentunya. Bayangkan misalnya orang yang punya konten tentang Pantai Ora di Maluku itu banyak, namun jika weblog kita bisa ada di halaman pertama google search, maka tentunya semakin banyak orang yang “mampir” ke weblog kita, artinya traffic bertambah, kunjungan meningkat, weblog semakin dikenal dan jadi referensi dan secara “bisnis” menarik bagi sponsor, but similar tv dengan rating air conditioning Nielsen mereka.

Bagaimana optimalisasi ini dilakukan? Cara menaikkan SEO?

Selain konten yang baik dan “nyambung” dengan judul, untuk membuat artikel kita “visible” ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

Mengerti karakter pembaca: Jika pembaca kita generally di Indonesia, pengguna bahasa Indonesia, pencarian kemungkinan besar dilakukan dalam bahasa Indonesia, jadi tags atau label pada draft posting weblog lebih baik ditulis juga dalam bahasa Republic of Indonesia untuk menarik pencarian dalam bahasa Indonesia.

Editorial Calendar: kurang lebih seperti konsistensi, dengan perencanaan konten dan penjadwalan yang baik, weblog akan lebih optimal dan lebih google friendly, semakin banyak artikel kita dengan konten yang baik dan sesuai, maka akan lebih mudah masuk dalam mesin pencarian

Understand Market Keyword Research: Ini dilakukan oleh Skyscanner, sebagai situspencarian tiket worldwide, Skyscanner melakukan riset untuk mengetahui keyword apa yang digunakan oleh orang-orang saat mencari informasi mengenai tiket pesawat, dengan kita mengetahui keyword, 1 time again ini akan lebih mudah masuk dalam mesin pencarian.

Konten berkualitas: Sebagaimanapun baiknya tingkat visibility weblog kita, jika konten tidak nyambung, maka orang akan cepat menutup laman website kita dan beralih, yang berarti 1 click tersebut tidak menjadi but about other click inwards the future.

Fresh Content: Destinasi yang sudah sangat touristy pasti sudah banyak ditulis dan artikel mengenai destinasi itu akan sangat banyak. Cobalah menulis mengenai destinasi-destinasi tidak umum yang belum banyak ada di pencarian, maka saat pembaca mencari destinasi tersebut, kemungkinan besar mesin pencarian akan mengarahkan pembaca ke weblog kalian.

Jangan Gunakan Konten Duplikat atau Berulang: Mesin pencarian biasanya secara otomatis akan “menyingkirkan” konten-konten duplikasi, jadi jangan re-create glue ya, percuma saja :)

Keyword Bervariasi: Ragam kata yang digunakan akan sangat membantu menaikkan SEO artikel kita. Jadi jangan hanya gunakan satu kata untuk menjelaskan satu hal pada satu artikel, variasi kata ini selain lebih menyenangkan untuk dibaca, juga meningkatkan SEO kita, karena pencarian biasanya dilakukan dengan kata-kata yang berbeda, bagi orang-orang yang berbeda, jadi kemungkinan mesin pencarian akan tetap mengarahkan pada weblog kita.

That’s most SEO, tampak rumit namun sebenarnya dapat dilakukan dengan cara membuat hal-hal tersebut jadi rutinitas saat menulis dan posting.

Another affair most scanning the opportunities? NETWORKING!

Meski kita senang bekerja sendiri, menulis sendiri saat sepi, menikmati me-time dengan menulis dan posting, networking itu perlu dilakukan. Kita tidak bisa duduk manis, posting dan berharap berjuta-juta orang akan datang ke weblog kita, customer akan langsung antri dan sebagainya, we demand to arrive at the network.

How?

Sharing persuasion too stories, networking inwards a fun way!
Know too learn: Saya selalu senang mengenal blogger-blogger lain, kita selalu dapat belajar dari sesama blogger, terinspirasi dan memacu kita untuk lebih baik. Tidak selalu kita harus mengetahui konten mereka, kadang yang menginspirasi adalah cerita hidup mereka dan konsistensi, saya percaya kesuksesan tidak datang begitu saja tanpa kerja keras, those good known bloggers acquire what they having similar a shot from hardwork, I’m learning too thus much from them. Di workshop Skyscanner saya bertemu dengan berbagai blogger dan pegiat sosial media dari berbagai negara, knowing them is likewise edifice network!

What They Expect?: ketahui apa yang ada di pikiran customer juga, meski blogger identik dengan penulis, kita mesti jadi sales & marketing juga yang berhubungan dengan client. Mengetahui apa ekspektasi customer bukan berarti kita harus mentah-mentah menerima brief dan melakukan persis apa yang diminta, justru dengan mengetahui kita dapat bernegosiasi agar bisa mendapatkan win-win solution dengan artikel yang menarik, bermanfaat bagi pembaca, sesuai dengan karakter kita namun juga mengakomodir apa yang ingin disampaikan client, it’s non impossible if y'all try :)

Masih banyak pelajaran lain yang saya dapatkan dari workshop #TribeSkyscanner ini, namun layaknya strategi marketing, membuat marketplace penasaran adalah salah satu cara meraih atensi, maka informasi lainnya akan saya portion di Blogger Tips berikutnya, keep posting folks!

@marischkaprue – creating content, consuming life experiences
 

PS:

Thanks to Skyscanner for inviting me to this workshop
Thanks to Ibis HotelBencoolen Singapore yang menjadi markas saya selama workshop “Content Hacker” Maret 2016 ini. 

Ibis Bencoolen Singapore, simple, fashionable too comfy
The Handy Smartphone aka wifi router
This is golden (yeay to wifi tethering!)
Satu hal yang paling saya suka dari Ibis Hotel Bencoolen selain letaknya yang strategis adalah adanya Handy Wifi yang disediakan di kamar, smartphone ini bisa jadi router wifi yang bisa dibawa kemana-mana sehingga tidak perlu beli kartu lokal ataupun roaming, Handy Wifi ini juga dapat digunakan untuk beberapa device, I tin write too uopload blogpost from my gadget anywhere inwards Singapore, that’s what bloggers demand right?

***

Sumber http://marischkaprudence.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Singapore attractions: March Blogger Tips: Scanning The Heaven Of Opportunities #Tribeskyscanner Style. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Klook.com
Bali Attractions